Wajah Pria Mencerminkan Kecerdasannya?

 .
Urusan tampang dengan kecerdasan sering kali jauh kendang dari tarian. Namun sebuah riset di Universitas Praha, Republik Cek, menguak kaitan wajah dengan tingkat kemampuan pikiran. Penelitian ini mengungkapkan bahwa para responden bisa melihat tingkat kecerdasan para pria hanya dari foto mereka.
.
Tim peneliti yang dipimpin Karel Kleisnerof menilai banyak tanda visual di wajah yang mengarah pada titik yang benar tapi justru belum dikenal. Selama ini penilaian kecerdasan seseorang yang tampak dari wajahnya sering kali diasosiasikan pada stereotipe budaya tertentu.
.

Tim peneliti melibatkan 160 responden. Mereka diperlihatkan 80 foto mahasiswa di Republik Cek, separuh pria dan sisanya wanita. Foto itu berformat close up. Wajah mereka natural, tanpa senyum, kosmetik, dan perhiasan.
.
Para mahasiswa pada foto ini dites kecerdasannya dengan beragam tipe alat ukur kecerdasan. Lalu foto mereka disodorkan kepada para responden. Para responden menilai tingkat kecerdasan dan daya tariknya dengan skala 1-7. Lalu hasil dua penilaian dibandingkan.
.
Hasilnya, para responden bisa menebak tingkat kecerdasan para mahasiswa pada foto sesuai dengan hasil tes. "Responden kami mampu memperkirakan kecerdasan dengan keakuratan yang lebih tinggi pada foto pria," tulis tim peneliti tersebut, Selasa, 1 April 2014.
.
Tim peneliti menulis dua jenis kecerdasan umum yang sangat terkait dengan wajah pria adalah Fluid Intelligence dan Figural Intelligence. Fluid Intelligence adalah kemampuan untuk secara logis memecahkan masalah dari bekal pengetahuan yang diperoleh. Figural Intelligence menggambarkan kemampuan untuk menangani benda seperti gambar, pola, dan bentuk.
.
Para peneliti mengesampingkan "keragaman bentuk" wajah sebagai tanda. Namun mereka juga tak memiliki jawaban alternatif yang baik. "Kami berspekulasi tentang atribusi intelijen yang didasarkan pada konfigurasi tertentu dari mata atau pandangan, warna mata, rambut dan kulit, atau tekstur kulit," tulis mereka.
.
Kenapa penilaian ini tak bisa valid diberlakukan pada kaum hawa? Para peneliti juga belum memiliki jawaban pasti. Mungkin isyarat kecerdasan lebih jelas tergambar pada wajah pria. "Ini mungkin karena faktor genetik dan perkembangan hormon seks-steroid selama masa pubertas," demikian pernyataan mereka.
.
by NUR ROCHMI | BUSINESS INSIDER 
Source : tempo

Tidak ada komentar:

Google Search Engine
Google