Mensa Indonesia 2011 March : Testing & Meeting @ ITB Bandung

Inilah test Mensa di Indonesia yang pertama kali diselenggarakan di luar kota Jakarta dan sekaligus yang pertama juga di Bandung. Ini juga merupakan test Mensa di Indonesia yang pertama dalam tahun 2011. Dengan bekerja sama dengan Program Magister Sains Komputasi FMIPA ITB, Mensa Indonesia mengadakan test Mensa dengan lokasi test kali ini mengambil tempat di Gedung Basic Science Center A, Kampus ITB (Institut Teknologi Bandung), Bandung, tanggal 12 Maret 2011 hari Sabtu dan dimulai jam 14.00 wib.
.
Iklan Test Mensa di Pikiran Rakyat, 7 Maret 2011
.
Test kali ini diikuti sebanyak 20 peserta dari berbagai kalangan dan umur. Bahkan ada peserta dari Semarang dan Jakarta. Bahkan untuk test kali ini juga menggunakan iklan di harian Pikiran Rakyat yang merupakan koran bertiras terbesar di Jawa Barat dan Banten. Mungkin karena bahasa di iklannya yang terlalu menantang membuat orang jadi surut. Padahal iklan itu berukuran 2 kolom x 80mm. Jelas terlihat. Atau juga dipengaruhi oleh lokasi test yang berada di kampus ITB, sehinggan berkesan test Mensa itu sulit sekali.
.
Sebelum test semua panitia berkumpul di Wisma Dago, gak jauh dari Kampus ITB Bandung. Setelah itu ramai-ramai jalan kaki menuju Spagheti House untuk makan siang dulu.
.
Lunch @ Spaghetty House, dekat Kampus ITB
.
Test Mensa ini merupakan kegiatan di bawah kendali Riyanto Mashan selaku Director Organizational Development of Mensa Indonesia). Beliau datang langsung dari Jakarta. Sedangkan sang sohibul bait alias tuan rumah adalah Muhamad Abdulkadir Martoprawiro PhD (Director Administration of Mensa Indonesia) yang sehari-hari adalah guru besar di kampus ini. Selain mereka, datang pula pengurus yang lain ke acara ini yaitu Ferial Fahmi Kadir selaku Vice Chairman merangkap Director Legal of Mensa Indonesia. Sedangkan petinggi yang lain yang datang adalah Liliana Widyaningsih (West Jakarta Area Coordinator) dan Linda Yohana Ijo (National Archivist). Tentu saja yang wajib datang adalah Psikolog Mensa Indonesia, yaitu Rismawati Silaban.
.
 Poster Test Mensa
.
Atribut test kali ini lumayan lengkap. Selain iklan di koran dan X-Banner, ada juga poster besar Mensa berukuran A0 dan poster test berukuran A3. Selain itu untuk membedakan antara anggota Mensa yang datang dan para peserta juga disediakan Pin Mensa.
.
Mensa Proctor
.
Dalam test kali ini yang bertindak sebagai panitia alias test manager adalah Thomas Hanan Thoha (Honorary President of Mensa Indonesia). Sedangkan yang bertindak sebagai proctor alias test supervisor adalah Sahat Simarmata (Chairman of Mensa Indonesia). Semua hasil test langsung dikirim ke London, Inggris, tempat dimana Mensa International bermarkas. Hasil test tersebut diperiksa dan dinilai oleh Michael Feenan (Executive Director of Mensa International). Kemudian hasilnya akan dikirim via email ke masing-masing peserta oleh Christine Cousine (Administration Manager of Mensa International). Dan hasilnya diterima tanggal 1 April 2011.
.
 Test Mensa 12 Maret 2011 - ITB, Bandung
.
Dari hasil tersebut, hasilnya di luar kebiasaan. Ada enam belas orang yang memenuhi syarat menjadi anggota Mensa dari keseluruhan peserta. Enam belas orang tersebut adalah Alfonso Leander, Amanda Sari Sutrisno, Fauzan Ramadhan, Jujung Tedi, Mohammad Haekal, Pradiba Amadita, Remy Erwin Ambrodus Hadinata, Samuel Arman, Wendy Elishanti Tejasurya, Adhika Rahadian, Agoes Santosa, Dewabroto Adhiwignyo, Julian C. Anderson, Maudy Kristianty T., Surya Yoswara, dan Usef Siful Ulum. Berarti kali ini tingkat pencapaian jauh melebihi 50%. Kayaknya peserta test kali ini sudah mempersiapkan diri dengan baik dan sudah yakin bahwa mereka ber-IQ tingi. Congratulations! Diharapkan keenam belas orang tersebut dapat menjadi New Members in Good Standing of Mensa Indonesia.
.
Para Pengawas Ujian
.
Selain testing, pada saat bersamaan Mensa Indonesia juga mengadakan pertemuan bulanan sekaligus berupaya mengumpulkan anggota Mensa yang berlokasi di Bandung. Pertemuan ini merupakan cikal bakal pembentukan Mensa Area di Bandung. Pada waktu itu memang diharapkan dari test tersebut banyak yang memenuhi syarat menjadi anggota Mensa dan bergabung menjadi members in good standing. Sementara koordinatornya dirangkap oleh Muhamad A. Martoprawiro. Dan memang tidak bisa dipungkiri, members of Mensa Indonesia (gak cuma members in good standing) banyak sekali yang berasal dari kampus ITB ini. Namun kini sudah tersebar di seluruh Indonesia.
.
 Diskusinya seru...
.
Pada pertemuan itu hadir 14 orang. Selain para pengurus, petinggi, dan pembesar Mensa Indonesia hadir juga Anggriyani Asri dan Puti Larassitri selaku panitia. Kebetulan mereka juga adalah alumni ITB. Trus, ada beberapa anggota Mensa yang juga tinggal di Bandung, yaitu Andreas Wiyanto dan Bobby Hendra. Sedangkan Nursyam Daoed datang dari Bekasi dan bahkan Nanda Terra Hadriyono datang jauh-jauh dari Tarakan. Pada kesempatan tersebut disepakati soal pembentukan Mensa Area di Bandung dan beberapa rencana test berikutnya.
.

Para Anggota Mensa Indonesia - 12 Maret 2011 - ITB Bandung
Ferial, Sahat, Andreas, Tom, Muhamad, Riyanto, Nursyam, Bobby
Puti, Linda, Risma, Liliana, Anggi
.
Setelah acara selesai sekitar jam 16.00 maka semua pun pulang. Ada yang langsung ke Jakarta ada yang menginap dulu di Bandung. Sebagian ada yang menginap di Wisma Dago gak jauh dari Kampus ITB.
.

Photoslide of Mensa Indonesia 2011 March

Tidak ada komentar:

Google Search Engine
Google