Merasa Ber-IQ Tinggi? Ikuti Tes di Kampus Binus

(Vibizdaily-FYI) Anda merasa ber-IQ tinggi? Ikuti saja tes di kampus Bina Nusantara (Binus). Bila IQ Anda terbukti tinggi, Anda berhak menjadi anggota organisasi yang mewadahi orang-orang ber-IQ tinggi, Mensa Indonesia.

Tes IQ berstandar Mensa Internasional itu akan digelar di Kampus Binus, Jl Hang Lekir, Senayan, Jakarta, Rabu (14/7/2010) pukul 14.00 WIB. Lokasinya dekat dengan Senayan City.

Direktur Development Mensa Indonesia Liliana menargetkan, peserta tes masuk kali ini akan memenuhi kuota, 50 orang. Hingga kini, sudah 30-an orang mendaftar untuk mengetes intelegensinya.

"Sekarang sudah ada 30-an orang daftar. Masih ada tempat kalau ingin daftar, datang langsung saja ke sana. Biayanya hanya Rp 50 ribu," kata Liliana.

Liliana mengatakan, tes yang akan disupervisi oleh Chairman Mensa Pakistan Hasan Zuberi ini adalah yang pertama kali setelah Mensa Indonesia 'koma'. Tes ini dilakukan untuk menjaring anggota karena hingga kini anggota Mensa Indonesia hanya 300 orang, yang aktif hanya belasan orang.

Karena kekurangan anggota ini, Mensa Indonesia masih berstatus 'emerging Mensa'. Diharapkan dengan tes ini, anggota Mensa Indonesia dapat bertambah.

"Hanya saja untuk tes kali ini, ada batas usia 14 tahun ke atas, karena tes
yang diterima dari Mensa International saat ini adalah tes khusus untuk 14 tahun ke atas," kata Liliana.

Hasil tes akan dikirim langsung oleh Mensa Internasional ke masing-masing peserta melalui pos/email. Bagi yang lulus, boleh bergabung menjadi anggota Mensa, tapi juga boleh tidak.

"Mereka yang lulus tes pun tidak diharuskan untuk langsung bergabung dengan Mensa," katanya.

Mensa adalah organisasi yang anggotanya terdiri dari berbagai usia dan latar
belakang. Kesamaan yang menyatukan mereka hanyalah skor IQ anggotanya yang berada di atas 98 persen populasi, atau sama dengan 2 persen teratas.

Saat ini ada 110.000 anggota Mensa di 100 negara. Organisasi yg aktif ada di lebih dari 40 negara di semua benua kecuali Antartika. Sejumlah orang terkenal menjadi anggota organisasi ini.

(ma/MA/dtc)
Rabu, 14 Juli 2010 | 11:42 WIB

3 komentar:

radityo mengatakan...

kalo di surabaya, tes nya gimana?

Ardhika mengatakan...

Saya sebenarnya tertarik. Saya dengar setelah lebaran Mensa Indonesia akan mengadakan tes lagi ya?
apa tes hanya diadakan di satu tempat? (Binus)
saya yang di Surabaya jadi tidak bisa mencoba dong? masa harus ke Jakarta dulu?
tolong dipertimbangkan..

Andrew Su mengatakan...

Hmmm... apa sih benefit ikut Mensa?

Dulu wkt aq cari Mensa di Indonesia, katanya ga ada. Utk sign up lsg ke Mensa di London, plus biaya pendaftaran 300 pounds (seingat saya).

Skrg jd mkr apa benefit-nya ikut Mensa? Punya IQ tinggi pun, aq rasa lbh b'guna utk diri sendiri 'n ga ada yg mrs butuh kehadiran org2 ber-IQ tinggi di Indonesia ini.

Tolong dikoreksi jk ada yg salah. Terimakasih.

Google Search Engine
Google