Orang Ber-IQ Tinggi Bisa Diminta Tolong Cari Solusi Masalah Bangsa

Intelligence Quotien (IQ) merupakan potensi dalam diri setiap orang. Mensa Indonesia, ingin mengidentifikasi orang-orang dengan IQ tinggi dengan harapan bisa membantu pemerintah mencari solusi masalah bangsa dari lalu lintas hingga sampah.

"Sebenarnya orang dengan IQ tinggi merupakan potensi bagi bangsa," kata Ketua Mensa Indonesia Thomas Hanan Thoha usai pelaksanaan tes IQ, di Kampus Bina Nusantara, Jl Hang Lekir, Jakarta Selatan, Rabu (14/7/2010).

Lebih lanjut, Thomas menjelaskan, ia berharap orang-orang dengan IQ tinggi bisa membantu penyelesaian masalah tertentu di negara ini.

"Kita harapkan nanti, anggota Mensa bisa membantu mencarikan solusi untuk beberapa masalah, misalnya masalah sampah, lalu lintas atau yang lainnya ," kata dia.

Ia mencontohkan kemitraan antara pemerintah Amerika dan anggota Mensa Amerika. "Kalau di Amerika, anggota Mensa yang IQ nya tinggi itu dimintai tolong untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dialami. Misalnya masalah trafic, itu orang-orang dengan IQ tinggi dari Mensa yang membantu mencari solusi," tambah dia.

Sementara itu, ia menyayangkan kurangnya apresiasi bangsa Indonesia untuk mereka yang memiliki IQ tinggi.

"Coba lihat, orang-orang pintar Indonesia jadi banyak yang memilih ke luar negeri. Padahal mereka itu potensi bangsa yang terpendam," kata dia.

Meskipun begitu, menurutnya IQ bukan ukuran utama untuk mengukur keberhasilan seseorang.

"IQ itu potensi, tapi tentu saja didampingi dengan kemampuan lain. Seperti kemampuan emosional, spiritual, dan lainnya," tutupnya.

(ayu/nwk)
.
Ayu Fitriana - detikNews
Rabu, 14/07/2010 17:57 WIB

Tidak ada komentar:

Google Search Engine
Google