Orangutan Lebih Cerdas Ketimbang Simpanse

Berdasarkan hasil penelitian ahli satwa langka asal Jepang bernama Suzuki, orangutan yang hidup di hutan Kalimantan merupakan hewan yang memiliki IQ tertinggi di antara kera lainnya.

Hewan yang memiliki bulu berwarna kemerahan ini dinilai memiliki tingkat keingintahuan yang cukup besar. Hasil ini mematahkan penelitian sebelumnya yang menyebutkan kera terpintar adalah simpanse.

"Penelitian yang dilakukan oleh ahli satwa kami terhadap orangutan Kalimantan berlangsung selama 40 tahun. Hasilnya menunjukan bahwa Orangutan Kalimantan itu memiliki IQ cukup tinggi dibanding kera lainnya," tutur Duta Besar Jepang untuk RI Kojiro Shiojiri di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (17/4/2009).

Dalam penelitiannya, Suzuki menggunakan metode pemantauan atas prilaku orangutan. Orangutan mampu menatap kerumunan semut yang tengah merayap ke atas pohon selama 30 menit. Atas dasar itu, Suzuki menyimpulkan orangutan Kalimantan memiliki keingintahuan yang cukup tinggi sehingga mampu menatap semut hingga 30 menit lamanya.

Kojiro mengatakan, menyusul hasil penelitian tersebut, pemerintah Jepang sepakat untuk turut serta melindungi satwa langka yang hidup di Indonesia. Implementasinya, Jepang menurunkan sejumlah ahli satwa ke Indonesia. Hal ini dilakukan untuk kelangsungan diplomatik satwa.

"Satwa-satwa langka yang ada di Indonesia ini jangan sampai musnah. Karena sangat penting untuk diplomasi satwa. Untuk kelangsungan hidupnya, pemerintah Jepang berkomitmen akan turut serta melindungi dengan cara menurunkan pakar-pakar satwa langka ke Indonesia," ungkap Kojiro. (Toni Kamajaya/Koran SI/ful)
.
Sumber : Okezone.com

Tidak ada komentar:

Google Search Engine
Google