Asma pada Anak Turunkan IQ?

Jakarta - Selain diderita orang dewasa, asma juga banyak diderita anak-anak. Lalu apakah asma pada anak-anak dapat menurunkan IQ?
.
“Kalau asmanya berat kemungkinan (IQ) terganggu,” kata dr Bambang Supriyatno, SpAk di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu(14/11/2007).
.
Menurut Bambang, anak-anak yang mengalami gangguan asma berat tentu saja pada malam
hari tidurnya akan terganggu karena batuk dan mengalami sesak nafas.
.
“Kalau bangun beberapa kali maka tidurnya terganggu dan siangnya ngantuk sehingga nilainya jelek,” ujarnya.
.
Bambang menjelaskan, serangan di malam hari ini dapat dikurangi dengan menggunakan obat inhaler. “Kalau dari dini menggunakan obat inhaler maka diharapkan tidak terjadi apa-apa,” imbuhnya.
.
Anak-anak yang sering mendapat serangan asma ini tentu juga jadi sering absen di sekolah. Akibatnya ketinggalan pelajaran. “Tentu saja nilainya jadi tidak baik,” katanya.
.
Batuk Bukan Biasa
.
Bambang menjelaskan, asma tidak menular dan tidak bisa sembuh. Namun anak-anak yang diobati sejak kecil, 80 persen gejalanya akan hilang pada usia akhir balig dan 20 persen akan berlanjut.
.
Bambang mengimbau agar anak-anak yang mengalami batuk bukan biasa (B3) belum tentu asma. “Gejalanya selain B3 ada sesak dan bengek. Gejala B3 jangan pikir TBC pada anak, pikirkan asma,” imbaunya.
(mly/nvt)
.
Sumber : detik@plinplan on 14 Nov 2007

Tidak ada komentar:

Google Search Engine
Google