Internet Bikin Pemuda Jenius Drop Out Kuliah

Jakarta - Gara-gara kecanduan game dan internet, seorang pemuda yang tadinya jenius bisa berakhir dengan mengenaskan, ia di-drop out dari kuliahnya berulang kali.

Internet memang media yang baik untuk belajar, namun segala sesuatu yang berlebihan bisa menimbulkan petaka. Hal ini terjadi kepada Zhang Fei, 24, asal Beijing.

Saat masih di sekolah mengengah, Fei dikenal dengan siswa teladan dengan nilai yang selalu di atas rata-rata murid lainnya. Namun, kepandaian Fei yang belakangan diketahui memudar.

Di kampus pertamanya, Peking University, Fei gagal menggali potensi dirinya dan harus berakhir dengan putusan drop out dari kampus.

Masalah yang kini banyak jadi sorotan media-media setempat ini juga sangat disayangkan guru pembimbing Fei semasa sekolah.

Usut punya usut, Fei terkena penyakit kecanduan internet dan game. Hal tersebutlah yang membuat kepandaian pemuda ini memudar.

"Dia murid yang sangat pandai. Namun dia menghadapi halangan serius, yaitu kecanduannya terhadap internet dan game komputer," tutur Sichuan Nanchong, salah satu guru biologi Fei di masa sekolahnya, seperti detikINET kutip dari China Daily, Senin (30/7/2007).

Sembuh Sejenak

Saat di-drop out pertama kalinya, Fei sempat terpukul dan kembali menekuni buku dan belajar dengan giat. Benar saja, hal tersebut kembali menghidupkan potensi akademik Fei.

Ia akhirnya diterima dengan nilai baik di Tsinghua University jurusan ilmu lingkungan dan Engineering. Dirinya bahkan menduduki peringkat 1 dari 703 mahasiswa lainnya untuk nilai sains.

Sayangnya, potensi luar biasa Fei kembali pupus dengan kembalinya penyakit kecanduan yang pernah ia alami. Fei diketahui gagal lulus hampir setengah dari 18 mata kuliah yang dia ambil di Tsinghua.

"Saya merasa jauh lebih tua dari teman-teman satu kelas. Saat kampus memanggil ibu saya untuk membimbing saya belajar, saya sangat malu sekali," tutur Fei saat diwawancara di China Central Television.

Permasalahan candu game dan internet memang menjadi isu besar bagi negara yang pengguna internetnya sudah mencapai angka 162 juta ini. Bahkan, karena candu game online, belum lama berselang seorang ABG tega membunuh ibu dan ayahnya karena tidak diberi uang untuk bermain game di warnet.
( amz / rou )

Sumber : Annisa M. Zakir - detikinet

Tidak ada komentar:

Google Search Engine
Google